Berikut faktor dari luar siswa mempengaruhi suatu prestasi belajar siswa adalah :
1. Lingkungan alam
Lingkungan alam yang kurang mendukung sering kali dapat menghambat aktivitas belajar anak yang sekaligus dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar anak, seperti hujan atau panas yang berlebihan sering mengganggu kesehatan anak yang menghambat pencapaian hasil belajar anak.
2. Lingkungan sosial
Anak yang kurang bergaul kadang kala menghambat aktivitas belajarnya, karena tidak adanya kawan belajar kelompok untuk memecahkan berbagai kesulitan belajar, sehingga menyebabkan anak kurang memahami / mengerti pelajaran tertentu.
3. Kurikulum / bahan pelajaran
Kurikulum/Bahasa Pelajaran yang kurang sesuai dengan kemampuan anak juga merupakan penghambat pencapaian prestasi belajar anak, sebab anak sulit untuk mencerna dan menelaah pelajaran yang diberikan apabila bahan pelajaran tersebut terlalu sulit dan tidak sesuai dengan daya serap anak.
4. Guru / pengajar
Guru/pengajar yang kurang menguasai bahan pelajaran dan yang menggunakan satu metode saja tentu menyulitkan dan menyusahkan anak untuk menyerap pelajaran yang diberikan, sehingga mempengaruhi prestasi belajar anak.
5. Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana penunjang dalam belajar memegang peranan penting bagi kelancaran anak dalam belajar, sebab tanpa adanya kelengkapan alat-alat/sarana belajar, maka hal tersebut tentu akan menyulitkan anak di dalam belajar lebih baik yang dapat menghambat prestasi belajarnya.