GARIS
Garis adalah sekumpulan titik yang berdampingan secara memanjang dan memiliki dua buah ujung.. Garis memiliki dimensi panjang, pendek, tipis, tebal. Garis dapat saling berhubungan satu sama lain membentuk apa yang dinamakan garis sejajar/paralel, garis memancar atau garis berlawanan. Dalam media komunikasi visual, garis dapat menjadi pembatas kolom, member kesan tertentu, menjadi pembatas antara unsur grafis satu dengan lainnya, dan digunakan sebagai penunjuk bagian-bagian tertentu dengan tujuan sebagai penjelas kepada pembaca.
BENTUK
Bentuk atau shape adalah suatu bidang yang memiliki tinggi dan lebar, terjadi
karena dibatasi oleh sebuah kontur (garis) dan atau dibatasi oleh adanya warna
yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karena adanya tekstur.
Bentuk bisa berupa wujud alam (seperti binatang, tanaman dan manusia), dan
tidak berwujud alam/abstrak (seperti ikon, grafik, ilustrasi). Bentuk benda
berisi garis-garis di dalamnya. Sebuah benda terdiri dari fill dan stroke/garis
tepi.Garis lurus dan lengkung dapat menyusun suatu bentuk, misalnya menyusun
tiga garis miring yang bertemu pada setiap ujungnya akan membentuk sebuah
bangun segitiga. Bentuk lengkung yang
disusun mengelilingi titik pusat 3600
akan membentuk sebuah lingkaran. Bentuk-bentuk yang dihasilkan merupakan bentuk
dasar yang sering digunakan untuk desain, bisa dua dimensi maupun tiga dimensi.
Dua dimensi misalnya persegi panjang, jajaran genjang, segitiga, polygon, dan
sebagainya. Tiga dimensi seperti kerucut, kubus, silinder, prisma, bola,
piramid dan lainnya.
TEKSTUR
Tekstur adalah unsur rupa yang
menunjukkan rasa permukaan bahan (material), yang sengaja dibuat dan dihadirkan
dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, baik dalam bentuk nyata ataupun semu.
Misalnya kesan tekstur kayu, bulu atau gelas. Sedang menurut Kusminati tekstur
adalah sifat dan kualitas fisik permukaan suatu benda (material), seperti
kusam, mengkilap, kasar, halus yang diaplikasikan dalam desain.
RUANG
atau SPACE
Ruang adalah jarak antara atau daerah
atau sekitar sesuatu. Memisahkan ruang
atau unifies, highlight, dan memberikan mata visual istirahat.
Ruang dapat digunakan untuk:
- Memberikan
mata visual istirahat
- Membuat
hubungan antara unsur-unsur
- Sorot
salah satu elemen
- Menaruh
banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian kepadanya
- Membuat
layout mudah untuk mengikuti
- Membuat
tipe dibaca mungkin
WARNA
Warna bisa mewakili emosi dari karya tersebut sehingga pesan dari karya tersebut bisa lebih mudah diterima oleh audience. Warna juga dapat digunakan untuk menyorot elemen penting dan utama seperti subheads, member sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu dan memprovokasi emosi.
Gambar panjang gelombang cahaya.